Penatalayanan uang menyangkut tuntutan Allah kepada uang kita. “Bagaimana akan kubalas kepada Tuhan segala kebajikan-Nya kepadaku?” Mazmur 116:12. Roh memberi adalah roh surga. Baca Yohanes 3:16. Tidak ada orang yang mementingkan diri akan masuk surga. Ada tiga macam pemberi – batu api, bunga karang, sarang lebah. Engkau harus memalu batu api itu supaya mendapat kepingan dan harus memeras bunga karang itu supaya mendapat air. Tetapi sarang madu hanya meluap dengan kemanisannya sendiri. Mari kita tentukan jangan menjadi batu api, kikir dan keras atau seperti bunga karang harus diperas supaya memberi. Kita harus seperti sarang lebah, karena Alkitab mengatakan, “Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.” II Korintus 9:7.

 

1.         Dengan kekuasaan siapa kekayaan diterima?

“Tetapi haruslah engkau ingat kepada Tuhan, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.” Ulangan 8:18. Baca Amsal 10:22.

 

2.         Berapa banyak milik Allah?

“Tuhan yang empunya bumi serta segala isinya, dan dunia serta yang diam di dalamnya.” Mazmur 24:1. Baca juga Mazmur 100:3; 50:10,11; Hagai 2:9.

 

3.         Berapa banyak dari penghasilan kita suci bagi Tuhan?

“Demikian juga segala persembahan persepuluhan dari tanah, maupun dari buah pohon-pohonan, adalah milik Tuhan; itulah persembahan kudus bagi Tuhan … Mengenai segala persembahan dan persepuluhan dari lembu sapi atau kambing domba, maka dari segala yang lewat dari bawah tongkat gembala waktu dihitung, setiap yang kesepuluh harus menjadi persembahan kudus bagi Tuhan.” Imamat 27:30,32. Baca Kejadian 14:20; Ibrani 7:2,4.

Catatan: Apakah persepuluhan itu? Alkitab mengatakan Abraham mengejar raja-raja yang telah merampas Sodom dan Gomora. Ketika ia kembali, Alkitab menyatakan ia memberi persepuluhan dari semuanya (Kejadian 14:19,20). Dalam Ibrani 7:2,4 diterangkan bahwa dia memberi perpuluhan.

 

4.         Daribagian penghasilan apakah persepuluhan diambil?

“Muliakanlah Tuhan dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu.” Amsal 3:9.

Catatan: Sebagian orang merasa bahwa mereka tidak harus memberikan persepuluhan karena semua penghasilan akan membayar rekening mereka. Ini adalah kesalahan. Apabila persepuluhan diberikan pertama kepada Allah, yang sembilan persepuluh lagi akan diberkati Allah. Baca Amsal 3:10.

 

5.         Selain persepuluhan apa lagi yang dituntut Allah?

“Berilah kepada Tuhan kemuliaan nama-Nya, bawalah persembahan dan masuklah ke pelataran-Nya. Mazmur 96:8.

Catatan: Persembahan tidak ditentukan jumlahnya. Persembahan diberikan sesuai dengan apa yang diberikan Allah. Baca I Korintus 16:2; II Korintus 8:12; 9:7. Kita berhutang persepuluhan kepada Allah. Persembahan diberikan kepada Allah dari bagian yang diberikan kepada kita. Dengan memberikan persepuluhan kita menggenapi tugas, sedangkan dengan memberikan persembahan kita menunjukkan penghargaan kita atas berkat-berkat yang diberikan Allah.

 

6.         Berkat apa yang diucapkan kepada orang-orang yang setia mengembalikan kepada Allah apa yang menjadi milik-Nya?

“Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman Tuhan semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan. Aku akan menghardik bagimu belalang pelahap, supaya jangan dihabisinya hasil tanahmu dan supaya jangan pohon anggur di padang tidak berbuah bagimu, firman Tuhan semesta alam.” Maleakhi 3:10,11.

 

7.         Apa yang dapat diharapkan orang-orang yang tidak setia dalam perpuluhan dan persembahan?

“Kamu telah kena kutuk, tetapi kamu masih menipu Aku, ya kamu seluruh bangsa.” Maleakhi 3:9. Baca Hagai 1:5-11.

 

8.         Untuk apa digunakan persepuluhan itu?

“Mengenai bani Lewi, sesungguhnya Aku berikan kepada mereka segala persembahan persepuluhan di antara orang Israel sebagai milik pusakanya, untuk membalas pekerjaan yang dilakukan mereka, pekerjaan pada Kemah Pertemuan.” Bilangan 18:21.

 

9.         Haruskah pekerjaan penginjilan itu disokong oleh persepuluhan dewasa ini?

“Tidak tahukah kau, bahwa mereka yang melayani dalam tempat kudus mendapat penghidupannya dari tempat kudus itu dan bahwa mereka yang melayani mezbah, mendapat bagian mereka dari mezbah itu? Demikian pula Tuhan telah menetapkan, bahwa mereka yang memberitakan Injil, harus hidup dari pemberitaan Injil itu. I Korintus 9:13,14.

 

10.        Apakah Yesus mengesahkan sistem persepuluhan itu?

“Celakalah kamu, ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan dari selasih,adas manis dan jintan kamu bayar, tapi yang terpenting dalam hokum Taurat kamu abaikan, yaitu: keadilah dan belas kasihan dan kesetiaan. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.” Matius 23:23.

 

11.        Ke manakah harus kita bawa persepuluhan kita bawa?

“Bawalah seluruh persembahan-persembahan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman Tuhan semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.”

Maleakhi 3:10.

Catatan: Rumah perbendaharaan artinya perbendaharaan gereja Allah. Baca Nehemia 13:12. Adalah tugas bendahara untuk membagikan persepuluhan untuk menyokong para pekerja Allah. Baca Nehemia 13:13.

 

Kesimpulan

 

            Dalam alam ada beberapa hal berkembang biak dengan membelah dirinya. Beberapa sel bertambah dengan membelah diri. Taman-taman bertambah hanya apabila bibitnya ditabur dengan bebas. Seorang petani yang menabur sedikit akan menuai sedikit. Demikian jugalah dengan kerajaan Allah. Kita harus membayar persepuluhan dari penghasilan kita karena kita mengasihi Allah, dan mengakui segala seuatu adalah milik Allah. Untuk semua berkat-berkat kita bergantung kepada Allah, dan Dia anugerahkan berkat-berkat itu dengan cara yang tidak terhitung banyaknya.

Ayat Hari Ini

Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu

Amsal 1:8

Kutipan Hari Ini

Hidup yang murni dan suci, kehidupan yang menang atas selera dan nafsu, adalah mungkin untuk setiap orang yang mau menyatukan kelemahannya, keinginan manusia yang lemah kepada kehendak Tuhan yang kuat dan maha Kuasa

Ellen G. White, Ellen G. White, Ministry of Healing halaman 176

Apabila Anda merasa terberkati oleh pelayanan ini, dan ingin berpartisipasi melalui Donasi Anda, silahkan klik button di bawah ini.

Login Form



Alternative flash content

Requirements

Kirim Doa

Anda tidak sendirian di dunia ini. Ada saudara-saudara yang ingin berbagi untuk memikul beban bersama Anda. Sampaikan masalah Anda, dan tim doa ArtiHidupku.com akan bersatu hati dengan Anda untuk mendoakan masalah yang sedang Anda hadapi.

Pendaftar Baru

Yang Sedang Online

None

 Artihidupku
Page
 
Visit
Artihidupku
 

Alternative flash content

Requirements

Alternative flash content

Requirements

Advent TV