Roti gandum memiliki kandungan serat yang lebih tinggi daripada nasi dan mie. Karena kandungan seratnya yang tinggi, gandum dapat menahan rasa lapar lebih lama.

Roti gandum dan roti putih keduanya berasal dari gandum. Bedanya roti gandum terbuat dari tepung gandum, roti putih terbuat dari tepung terigu. Tepung terigu merupakan hasil penggilingan biji gandum yang paling dalam, sedangkan tepung gandum merupakan hasil penggilingan biji gandum utuh yang hanya dibuang kulit luarnya saja.

Kandungan serat pada roti gandum hampir enam kali lipat lebih tinggi daripada roti putih. Tapi kandungan energi dan karbohidratnya lebih rendah daripada roti putih. Oleh karena itu roti gandum dapat menjaga berat badan ideal. Selain itu roti gandum dapat menurunkan kolesterol, resiko penyakit jantung, dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.Roti gandum juga baik bagi penderita sembelit. Serat roti gandum dapat melembekkan feses, sehingga mengurangi tekanan pada dinding kolon dan mempercepat pengeluarannya, karena gerakan peristaltik usus besar menjadi lebih cepat.

Roti gandum mengandung vitamin dan mineral lebih banyak daripada roti putih. Malah belakangan ini roti gandum diperkaya dengan asam lemak tidak jenuh ganda seperti DHA, EPA, dan PUFA (asam lemak tidak jenuh ganda).

Fitoestrogen pada roti gandum dapat menghambat terjadinya menopause, menjaga kesehatan jantung, menurunkan resiko kanker, dna mencegah osteoporosis.


Sumber: http://id.shvoong.com/medicine-and-health/2148693-manfaat-roti-gandum/#ixzz1gaflMupq

Ayat Hari Ini

Jangan menambahi firman-Nya, supaya engkau tidak ditegur-Nya dan dianggap pendusta.

Amsal 30:6

Kutipan Hari Ini

Kami pernah harus diingat bahwa kita semua manusia berdosa, dan bahwa Yesus Kristus mengetahui banyak kelemahan kita, dan mengasihi kita meskipun kita berbuat salah.

Ellen G. White - Testimonies Vol 1, hal 383

Apabila Anda merasa terberkati oleh pelayanan ini, dan ingin berpartisipasi melalui Donasi Anda, silahkan klik button di bawah ini.

Login Form



Alternative flash content

Requirements

Kirim Doa

Anda tidak sendirian di dunia ini. Ada saudara-saudara yang ingin berbagi untuk memikul beban bersama Anda. Sampaikan masalah Anda, dan tim doa ArtiHidupku.com akan bersatu hati dengan Anda untuk mendoakan masalah yang sedang Anda hadapi.

Pendaftar Baru

Yang Sedang Online

None

 Artihidupku
Page
 
Visit
Artihidupku
 

Alternative flash content

Requirements

Alternative flash content

Requirements

Advent TV