Seorang penatalayan ialah  seorang pengelola atau pengawas barang-barang orang lain. Tugas seperti ini selalu disertai dengan pertanggungjawaban. Cepat atau lambat waktunya akan tiba untuk memberikan perhitungan pribadi.

 

1.         Atas dasar apa pemerintahan diberikan kepada umat manusia sesudah penciptaan segala sesuatu?

“Berfirmanlah Allah: Baiklah, Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan segala binatang melata yang merayap di bumi.” Kejadian 1:26.

 

2.         Apakah dunia ini milik manusia?

Allah mengatakan, “Tuhanlah yang empunya bumi serta segala isinya, dan dunia serta yang diam di dalamnya.” Mazmur 24:1.

Catatan: Tuhan mempercayakan pengaturan benda-benda yang ada di atas dunia ini kepada manusia. Tuhan Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam Taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu. Kejadian 2:15. Baca Mazmur 115:16; Kejadian 1:28.

 

3.         Bagian mana dari Taman Eden itu yang disediakan Allah untuk dirinya?

“Tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kamu makan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati.” Kejadian 2:17.

Catatan: Pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat ini menjadi ujuian pengakuan manusia akan hak milik Allah atas segala sesuatu.

 

4.         Ketika Adam dan Hawa gagal (Kejadian 3:6) apa yang dilakukan Allah?

“Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyalah beberapa kerub dengan pedang yang menyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan.” Kejadian 3:24.

 

5.         Apabila hari perhitungan tiba pernyataan apa yang diberikan?

“Dimanakah Engkau? …. Siapakah yang memberitahukan kepadamu, bahwa engkau telanjang? Apakah engkau makan buah pohon, yang Kularang engkau makan itu … Apakah yang telah kauperbuat ini?” Kejadian 3:9-13.

 

Kesimpulan

 

            Ketidak setiaan dipihak manusia adalah dosa. Tetapi, Allah berjanji untuk menebus manusia yang jatuh ke dalam dosa. Baca Kejadian 3:15. Allah menyebutkan penghakiman kepada Setan dan meramalkan kedatangan Seorang untuk melepaskan manusia dari dosa. Apa yang dituntut Allah dari kita sebagai penatalayanan sekarang? Penatalayanan kita seharusnya: “Bagaimana akan kubalas kepada Tuhan segala kebajikan-Nya kepadaku?” Mazmur 116:12.

Ayat Hari Ini

Semua firman Allah adalah murni. Ia adalah perisai bagi orang-orang yang berlindung pada-Nya.

Amsal 30:5

Kutipan Hari Ini

Hidup yang murni dan suci, kehidupan yang menang atas selera dan nafsu, adalah mungkin untuk setiap orang yang mau menyatukan kelemahannya, keinginan manusia yang lemah kepada kehendak Tuhan yang kuat dan maha Kuasa

Ellen G. White, Ellen G. White, Ministry of Healing halaman 176

Apabila Anda merasa terberkati oleh pelayanan ini, dan ingin berpartisipasi melalui Donasi Anda, silahkan klik button di bawah ini.

Login Form



Alternative flash content

Requirements

Kirim Doa

Anda tidak sendirian di dunia ini. Ada saudara-saudara yang ingin berbagi untuk memikul beban bersama Anda. Sampaikan masalah Anda, dan tim doa ArtiHidupku.com akan bersatu hati dengan Anda untuk mendoakan masalah yang sedang Anda hadapi.

Pendaftar Baru

Yang Sedang Online

None

 Artihidupku
Page
 
Visit
Artihidupku
 

Alternative flash content

Requirements

Alternative flash content

Requirements

Advent TV