Yesus berkata: “Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat” itu menjadi berkat kepada umat manusia. Yesus menyatakan dengan cara-Nya memelihara hari Sabat bahwa berbuat kebajikan adalah dibenarkan pada hari Sabat. Baca Matius 12:1-12; Markus 2:23-28; 3:1-5; Lukas 13:10-17; 14:1-6; Yohanes 9. Sedikit pun tidak ada pernyataan dalam Perjanjian Baru bahwa hari Sabat yang suci milik Allah telah dikesampingkan. Pada Khotbah di atas Bukit Yesus tidak meninggalkan kebimbangan tentang sikap-Nya terhadap kesepuluh hukum itu. Baca Matius 5:17-19.

 

1.         Adakah Kristus mempunyai sesuatu hubungan dengan perbuatan hari Sabat?

“Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.” Yohanes 1:3. Baca Kolose 1:16; Ibrani 1:2.

Catatan: Karena Kristus adalah agen yang aktif dalam penciptaan hari Sabat yang dibuat oleh-Nya pada akhir minggu penciptaan. Baca Kejadian 2:1-3.

 

2.         Pada hari apa Kristus berbakti?

“Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.” Lukas 4:16.

 

3.         Apakah Kristus mengharapkan hari Sabat akan dihapuskan?

Dia mengakui hari Sabat itu akan ada lama sesudah kenaikan-Nya, pada waktu pengepungan Yerusalem tahun 70 Tarikh Masehi, karena Ia mengatakan kepada murid-murid-Nya, “Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat.

 

4.         Hari apa yang datang sebelum hari pertama dari minggu itu?

“Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu.” Matius 28:1.

 

5.         Hari apa disucikan wanita-wanita itu sesudah penyaliban?

“Dan setelah pulang, mereka menyediakan rempah-rempah dan minyak mur. dan pada hari Sabat mereka beristirahat menurut hukum Taurat.” Lukas 23:56a, 56b.

Catatan: Hari Sabat “menurut hukum itu” adalah hari ketujuh. Baca Keluaran 20:10.

 

6.         Apa teladan Paulus - hari apa yang dia sucikan (pelihara) sebagai hari Sabat?

“Dari Perga mereka melanjutkan perjalanan mereka, lalu tiba di Antiokhia di Pisidia. Pada hari Sabat mereka pergi ke rumah ibadat, lalu duduk di situ. Ketika Paulus dan Barnabas ke luar, mereka diminta untuk berbicara tentang pokok itu pula pada hari Sabat berikutnya. Pada hari Sabat kami ke luar pintu gerbang kota. Kami menyusur tepi sungai dan menemukan tempat sembahyang Yahudi, yang sudah kami duga ada di situ; setelah duduk, kami berbicara kepada perempuan-perempuan yang ada berkumpul di situ.” Kisah 13:14,42; 16:13.

Catatan: Adalah kebiasaan Paulus menghadiri upacara agama pada hari Sabat.

 

7.         Apa yang dilakukan Paulus pada hari-hari kerja dibandingkan dengan hari Sabat?

“Dan karena mereka melakukan pekerjaan yang sama, ia tinggal bersama-sama dengan mereka. Mereka bekerja bersama-sama, karena mereka sama-sama tukang kemah. Dan setiap hari Sabat Paulus berbicara dalam rumah ibadat dan berusaha meyakinkan orang-orang Yahudi dan orang-orang Yunani.” Kisah 18:3,4.

Catatan: Kebiasaan Paulus maupun kebiasaan Kristus adalah berbakti pada hari Sabat hari ketujuh.

 

8.         Pada hari apa Yohanes dikuasai Roh?

“Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring, seperti bunyi sangkakala.” Wahyu 1:10.

Catatan: Ungkapan “Hari Tuhan” menunjuk kepada hari Sabat hari ketujuh baik dalam Perjanjian Lama maupun dalam Perjanjian Baru. Dia mengatakan, “Tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat Tuhan, Allahmu.” Keluaran 20:10. Dalam Yesaya 58:13, Dia menyebut hari Sabat “Hari kudus-Ku.” Hari Tuhan adalah hari atas mana Kristus adalah Tuhan. Dia katakan Ia adalah Tuhan atas hari Sabat. Matius 12:8; Markus 2:28. Baca Keluaran 20:11.

 

 Kesimpulan

 

            Kristus melakukan semua apa yang dapat Ia lakukan untuk mengembalikan hari Sabat kepada bangsa Israel sebagaimana itu telah diberikan kepada mereka. Itu dimaksudkan untuk menjadi berkat bukan untuk menjadi beban. Kristus berusaha menyatakan bahwa maksud sebenarnya dari hari Sabat ialah berbuat baik, menyembuhkan orang sakit, dan melakukan perbuatan-perbuatan belas kasihan.

            Buku Ibrani menyebutkan hari Sabat hari ketujuh. “Dan Allah berhenti pada hari ketujuh dari segala pekerjaan-Nya.” Ibrani 4:4. “Sebab barang siapa telah masuk ke tempat perhentian-Nya, ia sendiri telah berhenti dari segala pekerjaannya, sama seperti Allah berhenti dari pekerjaan-Nya.” Ibrani 4:10. Allah memanggil umat-Nya kedalam suatu perhentian rohani, suatu perhentian dari pekerjaan mereka sendiri; berhenti dari dosa. Pemeliharaan hari Sabat adalah suatu lambang dari perhentian ini. Allah menuntut kesucian hidup. Untuk ini hari Sabat adalah suatu tanda. Janganlah kita menolak tanda itu, apa lagi menolak untuk mana tanda itu berdiri.

Ayat Hari Ini

Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!

1Tes 5:16

Kutipan Hari Ini

Hidup yang murni dan suci, kehidupan yang menang atas selera dan nafsu, adalah mungkin untuk setiap orang yang mau menyatukan kelemahannya, keinginan manusia yang lemah kepada kehendak Tuhan yang kuat dan maha Kuasa

Ellen G. White, Ellen G. White, Ministry of Healing halaman 176

Apabila Anda merasa terberkati oleh pelayanan ini, dan ingin berpartisipasi melalui Donasi Anda, silahkan klik button di bawah ini.

Login Form



Alternative flash content

Requirements

Kirim Doa

Anda tidak sendirian di dunia ini. Ada saudara-saudara yang ingin berbagi untuk memikul beban bersama Anda. Sampaikan masalah Anda, dan tim doa ArtiHidupku.com akan bersatu hati dengan Anda untuk mendoakan masalah yang sedang Anda hadapi.

Pendaftar Baru

Yang Sedang Online

None

 Artihidupku
Page
 
Visit
Artihidupku
 

Alternative flash content

Requirements

Alternative flash content

Requirements

Advent TV