1.         Apa perkataan pertama dari hukum keempat?

“Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat.”  Keluaran 20:8. Hanya inilah hukum yang didahului perkataan “ingatlah.” Ketika Allah memberikan hari Sabat Dia mengetahui nilainya dan Dia juga tahu bahwa itu tidak akan dihormati banyak orang. Dia tahu bagaimana setan berusaha sekuat tenaga memimpin manusia untuk melupakan hari Sabat. Dia tahu bahwa manusia pada waktu yang tertentu akan melalaikan kewajiban yang mengikat dari hukum itu. Karena alasan inilah Allah menarik perhatian istimewa kepada hukum ini dan didesak oleh penggunaan kata “ingatlah” supaya disimpan di dalam pikiran. itu bukanlah untuk dilupakan.

 

2.         Alasan apa yang diberikan Allah dalam hukum itu untuk memelihara hari Sabat?

Alasan yang diberikan ialah teladan Allah. “Enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu, tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat Tuhan, Allahmu; … Sebab enam hari lamanya Tuhan menjadikan langit dan bumi, … dan Ia berhenti pada hari ketujuh …” Keluaran 20:9-11.

 

3.         Haruskah manusia bekerja enam hari tiap minggu? Bolehkah ia tidak mengambil hari libur?

Hukum itu tidak berakhir dengan perintah, “Enam hari lamanya engaku akan bekerja” tetapi itu diteruskan dan dikatakan “dan melakukan segala pekerjaanmu.” Keluaran 20:9.

Catatan: Jika pekerjaan itu dapat dilakukan kurang dari enam hari tidak ada pertanyaan. Maksudnya ialah kita melakukan pekerjaan kita dalam enam hari. Dan kita jangan sekali-kali menghindarkan diri dari tnanggung jawab sementara menikmati rekreasi yang menyegarkan. Melakukan pekerjaan kita dalam enam hari akan senantiasa membuat hari Sabat tersedia untuk perhentian dan berhubungan dengan Allah.

 

4.         Bagaimana hari Sabat harus disucikan?

“Apabila engkau tidak menginjak-injak hukum Sabat dan tidak melakukan usahamu pada hari kudus-Ku, apabila engkau menyebutkan hari Sabat “hari kenikmatan” dan hari kudus Tuhan “hari yang mulia”, apabila engkau menghormatinya dengan tidak menjalankan segala acaramu dan dengan tidak mengurus urusanmu atau berkata omong kosong.” Yesaya 58:13.

Catatan: Hari Sabat adalah suci. Jangan kita menginjak-injaknya. Kita tidak boleh melakukan kesenangan kita pada hari itu. Kita tidak boleh menajiskannya (Yehezkiel 20:13,20).

 

5.         Apa tuntutan utama dari hukum hari Sabat?

“Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat.” Keluaran 20:8.

Catatan: Penghentian dari pekerjaan yang menguntungkan diperintahkan tetapi itu tidak semua. Hari itu harus disucikan. Manusia harus berhenti “dari segala pekerjaannya, sama seperti Allah berhenti dari pekerjaan-Nya.” Ibrani 4:10. Apabila seorang berhenti dari pekerjaannya sendiri dia akan berhenti dari dosa. Hanya orang semacam itu yang dapat memelihara hari Sabat seperti yang diharapkan Allah. Hukum ini tidak mengajurkan bermalas-malas pada hari Sabat karena ada kegiatan-kegiata yang layak dan sesuai dengan maknanya.

 

Kesimpulan

 

            Pemeliharaan hari Sabat lebih dari pemeliharaan satu hari semata-mata; itu adalah menghidupkan suatu kehidupan untuk Allah. Allah menyuruh kita untuk memelihara hari Sabat bagi Dia; untuk berhenti dari dosa; untuk melakukannya mana yang baik; bertemu untuk kebaktian dan untuk mengikuti teladan Yesus dengan melakukan kebaikan. Berhenti dari pekerjaan sendiri dan masuk ke dalam perhentian Allah. Betapa mendatangkan suatu berkat pemeliharaan hari Sabat yang demikian!

Ayat Hari Ini

Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!

1Tes 5:16

Kutipan Hari Ini

Kami pernah harus diingat bahwa kita semua manusia berdosa, dan bahwa Yesus Kristus mengetahui banyak kelemahan kita, dan mengasihi kita meskipun kita berbuat salah.

Ellen G. White - Testimonies Vol 1, hal 383

Apabila Anda merasa terberkati oleh pelayanan ini, dan ingin berpartisipasi melalui Donasi Anda, silahkan klik button di bawah ini.

Login Form



Alternative flash content

Requirements

Kirim Doa

Anda tidak sendirian di dunia ini. Ada saudara-saudara yang ingin berbagi untuk memikul beban bersama Anda. Sampaikan masalah Anda, dan tim doa ArtiHidupku.com akan bersatu hati dengan Anda untuk mendoakan masalah yang sedang Anda hadapi.

Pendaftar Baru

Yang Sedang Online

None

 Artihidupku
Page
 
Visit
Artihidupku
 

Alternative flash content

Requirements

Alternative flash content

Requirements

Advent TV