PENDALAMAN: “Biarlah topik ini menjadi jelas dan terang bahwa adalah tidak mungkin untuk mempengaruhi sesuatu dalam pendirian kita di hadapan Allah atau dalam karunia Allah kepada kita melalui usaha manusia. Jika iman dan usaha dapat membeli karunia keselamatan bagi seseorang, maka Sang Pencipta memiliki kewajiban kepada ciptaan-Nya. Di sinilah letak kesempatan bagi kesalahan untuk diterima sebagai kebenaran. Jika seorang dapat mengusahakan keselamatan melalui apa yang dia dapat lakukan, itu berarti dia berada pada posisi yang sama seperti gereja Katolik yang memberikan pengampunan atas dosa-dosa jemaatnya. Maka, keselamatan setengahnya adalah utang, yang bisa diupayakan selayaknya upah. Jika manusia tidak dapat memperoleh keselamatan melalui usaha baik apa pun yang dilakukannya, itu berarti, sepenuhnya adalah kasih karunia, yang diterima oleh manusia sebagai orang berdosa karena ia percaya kepada Yesus. Hal itu sepenuhnya adalah pemberian yang cuma-cuma. Pembenaran oleh iman begitu ditentang. Dan seluruh pertentangan ini telah berakhir, segera setelah hari ini diselesaikan dengan pemahaman bahwa perbuatan baik apa pun yang dilakukan oleh manusia yang berdosa tidak akan pernah dapat membayar kehidupan kekal baginya.”— Ellen G. White, Faith and Works, hIm. 19,20.

Musik “adalah salah satu alat yang sangat efektif yang bisa mempengaruhi hati dengan kebenaran rohani. Betapa sering hati yang telah dikeraskan dan putus asa, mengingat kembali kata-kata Allah —beban dilupakan oleh lagu masa kecil —d an pencobaan pun kehilangan kuasanya, hidup menjadi lebih berarti dan penuh makna, dan semangat serta kegembiraan melingkupi jiwa-jiwa yang lain!... Sebagai bagian dari pelayanan keagamaan, menyanyi juga merupakan tindakan penyembahan selayaknya doa. Sesungguhnya, banyak lagu yang merupakan doa.

“Saat Penebus kita menuntun kita ke pintu gerbang kekekalan, dilingkupi dengan kemuliaan Allah, kita mungkin dapat menangkap tema-tema pujian dan ucapan syukur dan koor surgawi di sekeliling takhta; dan ketika gema pujian malaikat surgawi terdengar oleh manusia di bumi, setiap hati akan diangkat lebih dekat kepada penyanyi surgawi. Di sinilah kita temukan makna dan arti dari pujian itu.”—Ellen G. White, Education, hIm. 168.

PERTANYAAN UNTUK DIRENUNGKAN: 

  1. Bagaimanakah kebudayaan dan lingkungan setempat mempengaruhi musik di gereja Anda, atau apakah Anda menolak kenyataan tersebut?
  2. Bacalah kutipan Ellen White pada pelajaran hari Jumat tentang musik. Berapa banyakkah hal seperti ini yang Anda alami dengan jenis musik yang menjadi bagian dari pelayanan penyembahan di gereja Anda? Dengan cara apakah kita bisa mengevaluasi peranan musik dalam pelayanan di gereja kita? Bagaimanakah gereja Anda bisa bekerja sama untuk memastikan bahwa musik yang digunakan, benar-benar mengangkat hati dan memberi semangat, serta memenuhi syarat yang seharusnya? 

 

Ayat Hari Ini

Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!

1Tes 5:16

Kutipan Hari Ini

Hidup yang murni dan suci, kehidupan yang menang atas selera dan nafsu, adalah mungkin untuk setiap orang yang mau menyatukan kelemahannya, keinginan manusia yang lemah kepada kehendak Tuhan yang kuat dan maha Kuasa

Ellen G. White, Ellen G. White, Ministry of Healing halaman 176

Apabila Anda merasa terberkati oleh pelayanan ini, dan ingin berpartisipasi melalui Donasi Anda, silahkan klik button di bawah ini.

Login Form



Alternative flash content

Requirements

Kirim Doa

Anda tidak sendirian di dunia ini. Ada saudara-saudara yang ingin berbagi untuk memikul beban bersama Anda. Sampaikan masalah Anda, dan tim doa ArtiHidupku.com akan bersatu hati dengan Anda untuk mendoakan masalah yang sedang Anda hadapi.

Pendaftar Baru

Yang Sedang Online

None

 Artihidupku
Page
 
Visit
Artihidupku
 

Alternative flash content

Requirements

Alternative flash content

Requirements

Advent TV